Dimensi Kualitas Jasa

Dimensi Kualitas Jasa

Untuk memasarkan produk barang/ jasa yang berkualitas, maka perlu memperhatikan dimensi-dimensi yang penting. Menurut Parasuraman, Zeithml, dan Berry (1985: 41-45), mengidentifikasi sepuluh faktor utama dalam menentukan kualitas jasa yang  meliputi :

1.      Reliability (keajegan),

2.      Responsiveness (tanggap),

3.      Competence (terampil dan berpengetahuan),

4.      Access (mudah terjangkau),

5.      Courtesy (sopan dan ramah),

6.      Communication (mudah dimengerti),

7.      Credibility (dipercaya),

8.      Security (keamanan),

9.      Understanding/ Knowing the customer (memahami kebutuhan konsumen),

10.  Tangibles (berujud).

Dalam perkembangannya Parasuraman et., all (1988: 12-40) menemukan bahwa sepuluh dimensi yang ada dapat dirangkum menjadi lima dimensi pokok, yang meliputi;

1. Tangibles,

2. Realibility,

3. Responsiveness,

4. Assurance (security, credibility, courtesy, competence)

5. Empaty (access, communication, understanding the customer).

 

 

Tidak jauh berbeda apa yang dikemukakan Sucherly (1999: 15), bahwa untuk mengukur kualitas jasa dengan TERRA, yang meliputi;

1. Tangibles (berujud), yaitu alat/ fasilitas

2. Empathy (kemudahan), yaitu kemudahan dalam memperoleh barang/ jasa  dan pelayanan

3. Reliability (keajegan), yaitu konsistensi pelayanan

4. Responsiveness (tanggap), yaitu kecepatan dalam merespon

5. Assurance (jaminan), yaitu ketrampilan dan keramahan  petugas, keamanan,  serta

kepercayaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas jasa pada olahraga minimal harus memenuhi kelima dimensi yang meliputi :

1.  Berujud, yaitu pelatih yang berijasah, mesin pelempar bola yang handal, pelindung badan yang aman,  dan pelatih/ instruktur yang ramah dan sabar.

2.     Kemudahan, yaitu transpotasi tempat latihan terjangkau, dan mudah untuk berkomunikasi.

3.     Keajegan, yaitu dalam melayani atlet/ member tidak pilih kasih serta sesuai dengan standar.

4.     Tanggap, yaitu menerima keluhan dari atlet/ member serta cepat merespon.

5.     Memberi jaminan keamanan terhadap kecelakaan dalam latihan maupun penitipan barang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s