Promosi dan Pemasaran yang Beretika

Melalui kegiatan ekonomi, barang dan jasa mengalir dari produsen ke konsumen. Pemasaran berfungsi menemukan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia, serta menjual barang dan jasa tersebut ke tempat konsumen berada pada waktu yang diinginkan. Penjualan berlangsung dengan harga  terjangkau, tetapi tetap menguntungkan  perusahaan yang memasarkan.

Promosi Produk Kepada Konsumen

Promosi harus memikat minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Ada promosi  melalui media elektronik maupun media cetak. Dalam promosi ada etikanya, promosi produk jangan sampai mengandung unsur membohongi konsumen.  Ada banyak contoh berbohong yang dipraktikkan dalam promosi produk. Padahal, cepat atau lambat bisnis seperti itu tidak memberikan  keuntungan jangka panjang. Mereka  hanya untung sesaat.  Modal bisnis yang paling bernilai tinggi tidak berbentuk fisik material. Modal bisnis yang paling tinggi harganya adalah kepercayaan.
Dalam berbisnis, ada persaingan dalam merebut hati pelanggan dan relasi. Hanya saja persaingan itu jangan sampai saling mematikan. Bersaing sebaiknya dalam meningkatkan kualitas. Siapa yang berkualitas, dialah yang menang. Mutu produksi amat penting dalam menghasilkan, sekaligus memasarkan produk. Ini berkaitan dengan mutu kemasan, pelayanan, manajemen pemasaran, dan penjualan yang tepat. Menghadapi persaingan dalam bisnis hendaknya dibiasakan mengembangkan sikap rasional, terbuka terhadap  kritik dan saran. Hal terpenting dalam menyikapi persaingan bisnis, adalah sportivitas. Sikap sportif, adalah sikap  jujur mengakui kenyataan, entah kenyataan itu pahit atau manis. Jika kenyataannya  kalah bersaing, akuilah kesalahan itu dengan sikap ksatria.  Belajarlah dari kekalahan itu. Jika menang dalam persaingan, janganlah  sombong, bersikap eksklusif, apalagi menganggap remeh teman bersaing. Meremehkan lawan adalah awal dari kekalahan. Sikap takut  menghadapi lawan bisnis pun merupakan awal kekalahan.

Hak-hak Konsumen Dalam Pemasaran

Selain itu ada beberapa perhatian untuk hak-hak terhadap konsumen dalam pemasaran diantaranya :

1. Hak atas Keamanan

Konsumen berhak atas produk yang aman, artinya produk yang tidak mempunyai kesalahan teknis atau kesalahan lainnya yang bisa merugikan kesehatannya atau bahkan membahayakan hidupnya.

2. Hak atas Informasi

Konsumen berhak mengetahui segala informasi yang relevan mengenai produk yang dibelinya, baik apa sesungguhnya produk itu, maupun bagaimana cara mamakainya, maupun juga resiko yang menyertai pamakainya.

3. Hak untuk Memilih

Dalam system ekonomi pasar bebas, dimana kompetisi merupakan unsur hakiki, konsumen berhak untuk memilih antara berbagai produk dan jasa yang ditawarkan. Konsumen berhak untuk membandingkannya, sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

4. Hak untuk Didengarkan

Konsumen adalah orang yang menggunakan produk atau jasa, untuk itu ia berhak bahwa keinginannya tentang produk itu didengarkan dan dipertimbangkan, terutama keluhannya.

5. Hak Lingkungan Hidup

Konsumen boleh menuntut bahwa dengan memenfaatkan produk ia tiddak akan mengurangi kualitas kehidupan di bumi ini. Dengan kata lain konsumen berhak bahwa produkitu ramah lingkungan.

6. Hak konsumen atas Pendidikan

Tidak cukup bila konsumen mempunyai hak, ia juga harus menyadari haknya, dan harus mengemukakan kritik atau keluhannya, bila haknya dilanggar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s